Minggu, 16 September 2007

Ningyo - Boneka Tradisional Jepang









































Nihon no Ningyo ..
Negara Jepang selain terkenal dengan teknologinya, juga sangat membanggakan kesenian tradisionalnya. Saat ini mereka sudah dapat membuat robot yang super canggih tetapi mereka juga sangat meng-agungkan boneka tradisionalnya yang masih di buat dengan tangan (hand made), masih memiliki nilai magis yang kental dan memiliki harga yang sangat tinggi dibandingkan dengan harga sebuah robot canggih sekalipun.

Boneka tradisional di Jepang juga masih menjadi barang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya dan masih digunakan di banyak perayaan2 atau festival (matsuri)

Tahun 2001 saya memperoleh beasiswa belajar di Tokyo selama 2 tahun, saya mempunyai kesempatan untuk mempelajari, menikmati dan mengkoleksi boneka ini, disela2 waktu belajar saya bergerilya ke setiap pasar2 loak, pasar antik, flea market dan bazzar di seluruh pelosok kota Tokyo dan sekitarnya untuk memburunya. namanya juga PEMULUNG !

Sekarang teman2 di Indonesia bisa ikut menikmati keindahan boneka tradisional Jepang ini karena diwaktu2 tertentu saya mempunyai kesempatan untuk melakukan Pameran. Biasanya tawaran pameran datang dari The Japan Foundation (Pusat Kebudayaan Jepang), Perhimpunan Alumni Jepang (PERSADA), Hotel2, Mall2 atau Universitas2 yang kebetulan sedang mengadakan acara yang bertema Jepang.

Tidak ada komentar: