Minggu, 07 Oktober 2007

Joglo Tua, Pendopo Belakang

Joglo Kuno ...

Pendopo Joglo kayu Jati asal Kudus ini memiliki ukuran 12 meter x 10 meter dengan 9 rangkap tumpang sari ber-ukir. 4 buah tiang soko gurunya berukuran 20cm dan memiliki ketinggian 5,5 meter. Di lengkapi 1 set Gebyok tua rangkap 2 asal Demak yang memiliki lebar 9,5 meter.

Saat ini pendopo ini sering digunakan sebagai pelaminan ketika ada acara resepsi pernikahan yang bertema pesta kebun (out door) di rumah ini.

Cerita sedikit, kalo boleh jujur ... pembangunan Pendopo dengan melakukan pemasangan Joglo tua ini sebenarnya sangat "dipaksakan" mengingat kondisi keuangan pada waktu itu sedang sangat sangat prihatin .. hampir seluruh tabungan saya ludes dalam proses penyelesaian nya. Di balik segala kesulitan dalam pembangunannya, semoga kehadiran pendopo ini dapat memberikan manfaat untuk banyak pihak.

Disini saya hadirkan gambar-gambar tahapan pembangunan pendopo ini, dari mulai awal sekali sampai pendopo ini berdiri dengan gagahnya.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Mas, ini beliefe it or not, ada yang bilang kalau rumah joglo tua suka ada hantu penunggunya, apa bener?

Salam,
Bimo BS

Dewi Syarah mengatakan...

mas Bimo,
mungkin ada benarnya apa yang mas katakan, karena kalo kita lihat proses pembuatan dan material rumah Joglo itu dilakukan dengan penuh penghayatan, keahlian, kerja keras berbulan-bulan dan mungkin pengorbanan baik itu biaya maupun waktu dan tenaga.

Rumah Joglo itu pada masa lalu selalu digunakan untuk kegiatan2 ataupun ritual2 yang formal dan penuh dengan keagungan.