Rabu, 10 Oktober 2007

Sepeda Onthel

Sepeda Onthel ...

Sepeda pertama kali dibuat di negara Prancis pada 1791. Pada tahun 1817 Baron Von Drais de Sauerbrun membuat sepeda kayu tanpa pedal yang pertama. Sepeda ini disebut Hobby Horse (sepeda kuda-kudaan). Dan pada 1839 sepeda memakai pedal pertama kali digunakan, namun bentuknya juga sangat lucu, karena roda depan besar sementara roda belakang kecil. Sehingga cara memakainya pun dibutuhkan keterampilan akrobatik.

Sepeda masuk Indonesia baru di awal abad ke-20 atau sekitar tahun 1910. Kala itu sepeda yang dipakai para kolonial itu dibawa dari negara asalnya. Baru setelah itu sepeda mulai dipakai para bangsawan, para misionaris dan saudagar kaya. Fiets, begitu para kolonial ini menyebut (menamakan) sepeda. Namun, karena lidah Jawa tak fasih, orang lantas menyebut dengan "pit".

Sementara onthel dimaksudkan mengayuh, jadi sepeda onthel ini artinya sepeda yang di kayuh.

Sepeda saya bermerk SPARTA buatan Holland, memang usianya belum terlalu tua, kemungkinan di buat sekitar tahun 1940an. Tapi keunikanya adalah sepeda itu berjenis "Tandem" alias memiliki 2 tempat duduk, 2 pedal, 2 stang ... pokoknya semua serba ada 2.

“Kring..kring, kring ada sepeda, sepedaku roda tiga, kudapat dari ayah, karena aku rajin belajar..” Begitulah nyanyian anak-anak yang kini sudah jarang kita dengar.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Ingat film gita cinta dari SMA di tahun 1979?... melihat galih (Rano Karno)dan ratna(Yessi Gusman berboncengan sepeda onthel, terkesan romantis sekali di zamannya... memang sepeda onthel memiliki kenagan di masa lalu... karena saat ini saya masih memiliki sepeda onthel merk BATAVUS.. buatan negeri Belanda sekitar tahun 1950an, dan pernah di pakai untuk mengantar sekolah saat saya di sekolah dasar...

salam, http://tuluspot.blogspot.com

Hank mengatakan...

wah...bagus sekali sepedanya mas
baru lihat sepeda onthel kayak gini
saya juga punya beberapa tapi belum dapat yang tandem kayak punya mas,mudah mudahan nanti kesampaian ya mas...salut