Rabu, 10 Oktober 2007

Ubin Kuno nan Cantik

Ubin Kuno nan Cantik ...

Ubin atau sering disebut "Tegel", adalah jenis lantai yang terbuat dari bahan dasar berupa campuran pasir dan semen yang dihiasi dengan pewarnaan polos atau memiliki motif yang klasik dan tampil sangat unik.

Pada awal tahun 1900-an Ubin ini sangatlah terkenal dan hampir selalu menghiasi rumah mewah pada masa itu. Saat ini pun, ubin jenis ini masih dapat kita temui di rumah-rumah kuno bekas peninggalan Belanda, keraton-keraton di pulau Jawa dan juga gedung atau fasilitas umum yang memang dibangun pada jaman penjajahan Belanda seperti stasiun kereta api dan gedung museum.

Di Yogyakarta ada sebuah pabrik yang masih memproduksi lantai jenis ini, namanya "Pabrik Tegel dan Beton Kunci". Pabrik ini didirikan pada tanggal 16 Desember 1929 oleh dua warga negara Belanda yang tinggal di Indonesia, yaitu Louis Maria Stacker dan Julies Gerrir Corrane, dulu pabrik ini bernama"Firma Tegelfabrik Midden Java". Disini kita dapat melihat tegel-tegel unik yang diproduksi pada awal berdirinya pabrik ini karena tegel-tegel itu dipasang pada lantai ruang tamu. Banyak tegel-tegel bermotif produksi pabrik ini yang menghiasi lantai bangunan bersejarah, diantaranya Keraton Yogyakarta, Gedung Wilis, dan bangunan tua lainnya di Yogyakarta.

Tidak ada komentar: